Asuransi Kesehatan Perorangan: Apa Saja Pilihanya?

Asuransi Perorangan
Setiap orang membutuhkan asuransi kesehatan. Biaya kesehatan bisa sangat membebani keuangan Anda, terutama bila Anda terkena penyakit kritis yang memerlukan pembedahan besar atau perawatan jangka panjang, atau membuat Anda tidak mampu lagi bekerja. Sayangnya, banyak sekali orang yang tidak terlindungi oleh asuransi kesehatan.

Berikut adalah beberapa jenis asuransi kesehatan perorangan yang dapat Anda beli secara perorangan. Anda mungkin membelinya sebagai satu polis yang berdiri sendiri atau sebagai manfaat tambahan (rider) dari polis asuransi jiwa.

1. Asuransi rumah sakit dan pembedahan
Ya, Anda bisa membeli asuransi perawatan rumah sakit dan pembedahan secara perorangan. Artinya, Anda tidak perlu mengeluarkan uang untuk membayar biaya perawatan asalkan biaya dan jenis perawatan Anda masih dalam lingkup pertanggungan dan rumah sakit tempat Anda dirawat termasuk dalam jaringan rekanan perusahaan asuransi Anda. Asuransi ini membayar biaya kesehatan baik karena kecelakaan maupun penyakit, yang meliputi:

Batasan-batasan tersebut dapat Anda lihat pada daftar manfaat (benefit schedule) yang diterbitkan perusahaan asuransi bersamaan dengan polis Anda. Polis asuransi tunai rumah sakit membayarkan sejumlah uang tunai untuk setiap hari Anda dirawat di rumah sakit, misalnya: Rp500.000,- atau Rp800.000,-. Jumlah ini tidak terkait biaya aktual yang Anda bayarkan, yang mungkin di bawah atau di atas jumlah tersebut.
Polis asuransi untuk penyakit tertentu/penyakit kritis membayar sejumlah uang/lump sumbila Anda didiagnosis atau mendapatkan pembedahan pertama penyakit tertentu yang dijamin oleh polis. Polis asuransi ini membayarkan sejumlah uang yang tetap setiap bulan sebagai pengganti pendapatan yang hilang karena Anda tidak dapat bekerja akibat kecelakaan atau penyakit. Biasanya santunan yang dibayarkan tidak melebihi 80% rata-rata pendapatan bulanan Anda.
Artinya, bila Anda tidak dapat mengerjakan pekerjaan substansial sesuai profesi Anda sebelum sakit atau kecelakaan, Anda dianggap cacat. Anda disebut cacat bila tidak dapat bekerja secara substansial pada profesi Anda atau profesi lain yang layak sesuai pendidikan, keterampilan dan pelatihan Anda. Jadi, meskipun Anda tidak bekerja sesuai profesi sebelum sakit/kecelakaan dan masih menganggur, bila Anda sebenarnya dapat bekerja pada profesi lain sesuai kecakapan Anda, Anda tidak dianggap cacat.

Banyak orang berpendapat bahwa asuransi santunan kecacatan adalah jenis asuransi yang terpenting dari semua asuransi, lebih penting dari asuransi rumah, asuransi kendaraan, atau bahkan asuransi jiwa. Bagaimana pun, kemampuan Anda mencari nafkahlah yang membuat Anda memiliki mobil, rumah atau tabungan. Bila Anda adalah pengusaha, profesional, atau pencari nafkah utama, asuransi ini sangat penting bagi Anda.

2. Asuransi perawatan kecelakaan
Polis asuransi perawatan kecelakaan hanya membayar biaya perawatan yang diakibatkan oleh kecelakaan.

SmartHealth Maxi Violet - Asuransi Kesehatan Perorangan

1.      Manfaat asuransi kesehatan yang lengkap :
Menanggung biaya obat-obatan selama perawatan termasuk pemeriksaan diagnostik, biaya administrasi
Menanggung biaya perawatan pra dan pasca perawatan rumah sakit, biaya perawatan di rumah, biaya ambulan, dan biaya tak terduga karena kecelakaan untuk rawat jalan dan rawat gigi
Santunan Pembedahan
Terdapat pilihan cara pembayaran premi yaitu tahunan dan angsuran
* (semesteran, kwartalan dan bulanan)
* berlaku hanya untuk Rawat Inap dan mata uang Rupiah




Posting Lebih Baru
Previous
This is the last post.

0 komentar:

Posting Komentar